Berita  

Aktivis Perempuan dan Anak, Romauli Situmorang Berkunjung ke kediaman Ibu Fery Farhati Anies Rasyid Baswedan

Jakarta ~ Aktivis perempuan dan anak, Romauli Situmorang pada hari Kamis (13/6/2024) berkunjung ke kediaman Ibu Fery Farhati.

Romauli Situmorang adalah seorang Misionaris kerohanian yang sering mendengar keluh-kesah terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak.


Banyaknya orang yang mencurhatkan pengalamannya tentang kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual maupun kekerasan terhadap anak dan meminta doa, membuat hati Evangelis Romauli Situmorang terdorong untuk menjadi pendamping dan mulai aktif dalam isu perempuan dan anak.

Ada seorang ibu pernah curhat kepada Evangelis Romauli Situmorang yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan bahkan ibu serta anak-anaknya ditelantarkan.

“Pernah seorang ibu curhat kepada saya mengenai permasalahan yang dialaminya. Dimana suaminya suka mabuk, pecandu narkoba, selingkuh, dan melakukan kekerasan fisik terhadapnya. Suaminya bahkan tidak memberikan nafkah untuk kebutuhan sehari-hari mereka”, ujar Romauli Situmorang.

“Saya pernah di telefon oleh seorang ibu tersebut dan diminta datang ke rumahnya saat suaminya melakukan kekerasan. Ketika saya datang, saya mengingatkan suami ibu tersebut agar jangan melakukan kekerasan. Namun, suaminya malah mau memukul saya. Tapi saya tidak merasa takut saat itu. Akhirnya si suami tersebut pergi”, tambahnya.

Dari peristiwa tersebut, Romauli Situmorang melihat secara nyata kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga.

Hal inilah yang mendorong Romauli Situmorang bergerak menyuarakan jangan takut melaporkan kekerasan baik perempuan dan anak.

Tantangan dalam perjuangan keadilan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan sangatlah besar.

Pemenuhan serta perlindungan terhadap hak-hak perempuan dan anak korban kekerasan masih sangat jauh dari harapan.

Hal inilah yang mendorong, Aktivis Romauli Situmorang berkunjung ke kediaman Ibu Fery Farhati.

Dimana ibu Fery Farhati, istri Anies Rasyid Baswedan adalah seorang tokoh yang menekuni bidang parenting education.

Aktivis Romauli Situmorang disambut hangat oleh Ibu Fery Farhati.

Berdialog bersama Ibu Fery Farhati seputar isu anak dan perempuan.

“Isu kekerasan saat ini seperti sudah lumrah. Sangat berbeda dengan jaman dahulu”, ujar ibu Fery Farhati.

“Dengan media sosial yang saat ini, isu kekerasan juga semakin banyak yang muncul ke permukaan. Namun, tidak sedikit pula yang masih tersembunyi”, tambahnya.

“Peran keluarga sangat penting dalam pencegahan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga”, ucap ibu Fery Farhati.

“Pendidikan di dalam keluarga menjadi kunci pembangunan karakter, etik dan moral anak-anak generasi kita”, ujarnya.

“Semua bagian memang harus bersatu dan bersinergi bersama dalam perlindungan perempuan dan anak. Baik yang bergerak di lingkup preventif, kuratif, rehabilitatif, maupun para pembuat kebijakan. Bersinergi untuk bisa bergerak bersama-sama”, tambahnya.

“Kita juga terus menagih janji Kapolri mengenai pembentukan Direktorat Khusus Perlindungan Perempuan dan Anak”, ujar Ibu Romauli Situmorang.

“Melalui dialog ini kita mendapat rekomendasi maupun hal-hal yang dapat kita kembangkan untuk isu kekerasan terhadap perempuan dan anak”, ujar Ibu Romauli Situmorang.

Setelah bertemu dengan Ibu Fery Farhati, Aktivis Romauli Situmorang menyampaikan kepada Saut Situmorang, mantan pimpinan KPK yang telah merekomendasikan pertemuan ini.

“Akan segera terealisasi (direktorat perlindungan perempuan dan anak), tinggal menunggu waktu saja kali”, ujar Saut Situmorang.(Red)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif