BERSIH KUBUR SALAH SATU TRADISI PARAH LELUHUR ZAMAN DAHULU

  • Bagikan
JELAJAHPERKARA.COM || MAROBEA-

Kepala Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat bersama Parah Perangkatnya menggelar kegiatan kerja gotong royong membersihkan (ziarah) Kubur Umum Ponda Laworo.kamis 08/04/2021.

Tradisi bersih kuburan leluhur biasa dilaksanakan pada saat menjelang bulan Ramadhan,
Kegiatan kali ini dilaksanakan juga Murid-murid SDN 2 Sawerigadi yang dikomandoi parah guru. Salah seorang La Talumi.SP.d.

Menurut kades Marobea MUSLIMIN SALIM SP.d. yang kerap disapa Cak Imin
Kegiatan gotong royong membersihkan ziarah kubur adalah salah satu bentuk keprihatinan juga mengenang jasa-jasa almarhum/almarhumah.

Masih katanya.Semangat gotong royong membersihkan ziarah kubur adalah suatu tradisi budaya orang-orang tua/ Leluhur terdahulu. Dimana mereka menjelang bulan Ramadhan melaksanakan kegiatan pembersihan Kubur.

Saya harap kepada masyarakat marobea luangkan waktunya cukup satu(1) jam saja untuk kegiatan ini, lagi pulah ini di lakukan sekali setahun.tuturnya.

Lanjut katanya.
Kegiatan bersih kubur (ziarah) kubur akan dilanjutkan besok Jum,at 09/04/2021. beralokasih di Perkuburan Rahia. Juga wakawea.
Dimana perkuburan wakawea tidak berna disentuh dengan kegiatan seperti ini.sangat disayangkan bagi keluarga tidak berziarah di perkuburan wakawea yang ada hubungan keluarga dimakamkan di Perkuburan wakawea.tutupnya.

Reporter: Laode Abubakar

  • Bagikan