Data Pembangunan Harus Terus Dimutakhirkan

JELAJAHPERKARA.COM || BELTIM- Bupati Belitung Timur Burhanudin menekankan agar setiap perencanaan pembangunan harus berdasarkan masukan data yang ada. Untuk itu produsen data di tiap-tiap organisasi perangkat daerah diminta terus memperbaharui data yang ada agar selalu terkini dan menjadi gambaran kondisi yang ada.

Penekanan ini disampaikan Burhanudin saat menjadi Pembicara Utama Sosialisasi Layanan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Beltim Menuju Satu Data Indonesia (SDI) di Ruang Rapat Satu Hati Bangun Negeri Sekretariat Daerah, Kamis (7/10/2021).


“Kalau selama ini data itu selalu ada, tapi tidak pernah diupdate. Harusnya data itu diupdate setiap waktu, per hari atau per minggu,” kata Aan sapaan Burhanudin seusai sosialisasi.

Dilansir Diskominfo Beltim, pemutakhiran data itu menurutnya sangat penting untuk menggambarkan kondisi terkini dari suatu daerah dan menunjang pembanguan. Apalagi data sifatnya tidak statis, dapat berubah-ubah sewaktu-waktu.

“Perencanaan  Pembangunan itu harus pakai data. Dak boleh kira-kira, sehingga saat kita mengajukan alokasi anggaran itu sesuai dengan data yang ada,”

Aan berharap dengan adanya pencanangan SDI tidak akan ada lagi perbedaan data, terutama di tiap OPD agar alokasi anggaran pembangunan dapat benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
“Kalau kita tidak melakukan updating data maka pembangunan tidak akan maksimal. Sehingga muncullah dana pembanguan dengan yang diusulkan banyak yang tidak sesuai,” kata Aan.

Sementara itu Kepala Kantor BPS Kabupaten Beltim Azhar mengatakan selain untuk pencanangan SDI kegiatan sosialiasi juga sekaligus pengenalan Kawasan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Kita melaksanakan acara ini biar masyarakat tahu layanan apa saja yang sudah ada di BPS. BPS sekarang ini terus melakukan berbagai inovasi dan perubahannya menuju ke arah yang lebih baik,” kata Azhar.

Azhar pun memohon dukungan dan saran terutama dari OPD di Pemkab Beltim yang menjadi mitra agar setiap penyelenggaraan kegiatan statistik dapat berkualitas dan menjadi bahan perencanaan serta evaluasi kegiatan pemerintah daerah.

“Kita memerlukan dukungan dari semua OPD. Harapan kita melalui sosialisasi ini masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan data di belitungtimurkab.bps.go.id,” harap Azhar.

(Arsoyo)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif