Banten  

Dindikbud bersama Paguyuban Peguron Serang Banten Kunjungi Kampung Budaya Silat Beksi

SERANG – Dalam rangka ikut melestarikan nilai-nilai kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kampung Wisata Budaya Beksi Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Pada kunjungan itupun, turut hadir Kabid Kebudayaan, Dindikbud Kota Serang, Evi Shofiyah Usman yang di dampingi oleh Ketua Paguyuban Peguron Serang Banten (PPSB) beserta jajaranya, Pewakilan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan, Paulo, Lurah Petukangan Utara, Syopwani, Dewan Kota Jakarta Selatan, Nurrahim, Ketua Umum Yayasan Kampung Silat Petukangan Naupal Haryawan, Perwakilan Kecamatan Pesanggrahan, Perwakilan BNN Jakarta Selatan, Sesepuh Silat Beksi Petukangan, Karang Taruna, dan PKK.

Terlihat kegiatan itupun sangatlah “heroik” karena berlangsungnya PPKM Level 3, tetapi seluruh peserta tetap menjaga prokes masing-masing.

Rombongan Dindikbud Kota Serang disambut dengan lantunan sholawat dan palang pintu dan ondel-ondel sebelum memasuki area Kampung Beksi Petukangan. Selanjutnya digelar Dialog Budaya yang dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan Mars Badan Narkotika Nasional.

Ketua Umum Yayasan Kampung Silat Petukangan Pengelola Destinasi Wisata Kampung Beksi, Naupal Haryawan mengucapkan, terimakasih untuk semuanya hadir dan sukses untuk semuanya.

“Insya Allah kita akan menjadikan ini titik untuk lebih maju lagi dalam mengembangkan warisan budaya bangsa,” ungkapnya disela paparannya dalam rangka kegiatan Dialog Budaya bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Kamis 10 Februari 2022 di RPTRA Bhineka Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Senada dengan itu, Lurah Petukangan Utara, Syopwani menjelaskan, bahwa sebagai warga Negara wajib mempertahankan budaya kita. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.

“Dan Budaya adalah bagian dari sejarah bangsa kita, mari jaga persatuan karena dengan persatuan kita akan Solid,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama Paulo perwakilan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan menegaskan bahwa pada dasarnya Sudin Kebudayaan Jakarta Selatan menyambut dan mendukung kegiatan kebudayaan yang didukung oleh masyarakat setempat. Sudin Kebudayaan Jakarta Selatan menyambut hangat kedatangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang.

“Diharapkan tali silahturahmi dapat dijaga kedepan,” tegasnya.

Selain itu, Kabid Kebudayaan, Dindikbud Kota Serang, Evi Shofiyah Usman mengucapkan, terima kasih kepada Yayasan Kampung Silat Petukangan selaku pengelola Destinasi Wisata Kampung Beksi Petukangan yang begitu luar biasa, dapat memberikan pencerahan dan motivasi untuk Kota Serang.

Hasil silaturahim, kata dia, sangat bermanfaat, semoga menjadi inspirasi bagi kami tidak hanya melestarikan nilai budaya, tetapi dapat mengembangkannya sehingga diharapkan dapat menjadi wisata budaya.

“Mohon maaf apabila kehadiran kami membuat repot warga disana. Semoga kita tetap dapat menjalin silaturahim kembali dalam kesempatan di kegiatan-kegiatan budaya lainnya,” imbuhnya.

Ketua Paguyuban Peguron Se-Kota Serang Banten (PPSB), Yadi Sufiyadi yang belum lama ini terpilih menjadi Ketua PPSB secara aklamasi, ia berharap, semoga di serang pun terdapat rumah budaya bersama, mengingat, Ibu Kota Banten sangatlah kental dengan kebudayaan daerah.

“Mudah-mudahan saja, dapat dukungan dari eksekutif dan legislatif. Supaya Kota Serang dapat memiliki rumah budaya bersama,” tuturnya seraya mengakhiri wawancara.

Diketahui, kegiatan Dialog Budaya ini ditutup dengan atraksi silat yang ditampilkan oleh masing-masing perguruan Kota Serang dan perguruan Beksi Petukangan. Dilanjutkan dengan Tanya jawab serta ramah-tamah dengan pemberian cinderamata.

(Red)