Diuntungkan Dengan Perbup Kampar, Calon Kades Ilisman Dinyatkan Menang

  • Bagikan

KAMPAR- Pemilihan Kepala Desa (Kades) secara serentak di Desa Teluk Paman Timur, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (24/11/2021) sangat menarik. Pasalnya, hasil perolehan suara dari masing-masing calon Kades berakhir imbang.

Kendati demikian berdasarkan hasil rapat pleno panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), mengacu pada Peraturan Bupati (Perbub) Kabupaten Kampar Nomor 54 tahun 2019 pasal 52 ayat 3 dan 4. Calon Kades Ilisman ditetapkan sebagai pemenang Pilkades.

Berdasarkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Teluk Paman Timur sebanyak 623 pemilih, jumlah pemilih sebanyak 561. Sementara calon Kades yang maju untuk bertarung ada dua orang, masing Ali Mazri Mandasari S.P,d M.Pd dan Drs H Ilisman M,Pd.

Menariknya, setelah proses penghitungan suara dua kandidat calon Kades memiliki perolehan suara yang sama. Ali Azri Mandasari memperoleh suara sebanyak 278 suara dan Ilisman sebanyak 278 suara.

“Bedasarkan hasil rapat pleno dan mengacu pada Perbup Kampar calon Kades Ilisman ditetapkan sebagaib pemenang Pilkades,” kata Ketua Panitia Pilkades Tito Hermanto didampingi Sekretaris Panitia Pilkades Al Amin SH, Kamis ( 25/11/2021).

Tito mengatakan, di TPS 01 Calon Kades Ali Azri Mandasari memperoleh 166 suara dan Calon Kades Ilisman memperoleh sebanyak 174 suara, kemenangan di TPS 01. Oleh karena itu, Ilisman ditetapkan sebagai pemenang karena lebih unggul 8 suara.

“Kita mengacu pada Perbub Kampar pasal 52 ayat 3 jo 4, Ilisman ditetapkan sebagai pemenang. Kedua Calon Kades sudah menerima hasil keputusan dan sudah setuju dengan hasil perolehan suara,” ucap Tito.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Teluk Paman Timur Adi Chandra S.I.Kom mengatakan, sangat berterimakasih kepada masyarakat yang sudah ikut memilih dalam Pilkades.

“Yang menang itu warga Desa Teluk Paman Timur. Tidak ada yang disakiti dan tidak teraskiti. Kita juga bersyukur pemilih dalam Pilkades lebih kurang 90 persen,” tutup Adi.

Adi menghimbau, kepada masyarakat Desa Teluk Paman Timur untuk bersama-bersama memajukan desa.

“Dengan ada kebersamaan tentunya dapat memajukan dan membangun desa kedepannya,” pinta Adi.

(Anhar Rosal)

  • Bagikan