Berita  

DPP KAMTIBMAS INDONESIA AKAN MENGADAKAN PENGUKUHAN DAN PAPARAN KEPADA CALON KETUA KOTA MEDAN PROVINSI SUMUT

  • KAMTIBMAS INDONESIA adalah KEAMANAN KETERTIPAN MASYARAKAT INDONESIA. Secara Epistemologi Keamanan ( KAM) asal katanya aman adalah suatu kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan dan hambatan. Sedangkan pengertian Ketertiban (TIB) ada suatu keadaan dimana segala kegiatan dapat berfungsi dan berperan sesuai ketentuan yang ada. Dan Masyarakat (MAS) adalah kumpulan Manusia yang merupakan aset Tuhan yang dapat mengembangkan Visi dan Misi. dalam Terminologi KAMTIBMAS adalah suatu  KUMPULAN Manusia untuk membentuk Keamanan, Ketertiban mempertahankan dan membangkan Ideologi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Perkataan aman dalam pemahaman tersebut mengandung 4 (empat) pengertian dasar, yaitu:

1. Security yaitu perasaan bebas dari gangguan fisik dan psikis;
2. Surety yaitu perasaan bebas dari kekhawatiran;
3. Safety yaitu perasaan terlindung dari segala bahaya; dan
4. Peace yaitu perasaan damai lahiriah dan batiniah.

Bimbingan Masyarakat (Bimmas) Polri pada dasarnya merupakan segala kegiatan terencana dan berkesinambungan dalam rangka membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan per-Undang-undangan dan norma-norma sosial lainnya serta berperan aktif dalam menciptakan, memelihara dan meningkatkan ketertiban dan keamanan swakarsa.

Sedangkan makna kata tertib dan ketertiban dalam Undang-undang tersebut adalah suatu kondisi dimana unit sosial termasuk di dalamnya adalah warga masyarakat dengan segala fungsi dan posisinya dapat berperan sebagaimana ketentuan yang ada.
Jadi dengan terjalinnya kerja sama atara TNI/POLRI dan Masyarakat yang baik insyaallah mulai dari pedesaan sampai perkotaan akan aman dan baik karena satu dalam kebersamaan untuk negara kita Indonesia yang tercinta.

Dalam Semboyan KAMTIBMAS  Gemah ripih loh jinawi berarti (kekayaan alam yang berlimpah) sedangkan toto tentrem karto raharjo(keadaan yang tenteram) yaitu GEMAH RIPAH LOH JINAWI TOTO TENTRAM KARTO RAHARJO adalah Kekayaan Alam yang berlimpah harus di Tata dengan Aman, Tertib, dan Tentram. dalam Hal ini bahwa Alam Indonesia Sangat Banyak Dengan Luas Indonesia Daratan dan Lautan Kira-kira 5.180.053 Km2. Maka dibentuk KAMTIBMAS di 33 Provinsi Indonesia.

Sesuai dengan KEMENKUMHAM No. AHU-0054035.AH.01.07 Tahun 2016 dan SK BAKESBANGPOLINMAS SUMUT NO. 220-1438/BKB.POL-PM Tanggal 24 Mei 2016 Untuk Itu DPP KAMTIBMAS INDONESIA  KETUA Umum Sutan Erwin Sihombing, SH, Wakil  KetuaUmum Anggiat Siahaan, SekUm FAZLY NASUTION, BENDAHARA UMUM TENGKU RIZAL GHADING, serta Staff Intelijen REINHARD SIMANJUNTAK, SH, S.PAK.

Dengan ini DPP KAMTIBMAS INDONESI Pada Tanggal 04 November 2020 akan memberikan Paparan dan Pengukuhan kepada DPC KAMTIBMAS KOTA MEDAN CALON KETUA RIDWAN NASUTION, SH yang akan menjaga dan mengembangkan KAMTIBMAS INDONESIA di Instansi Pemerintah yang ada di Kota Medan Provinsi Sumut, Mulai dari DINAS PARAWISATA (DISKOTIQ,HOTEL), DINAS LINGKUNGAN HIDUP (GALIAN C), DINAS DISPENDA, DINAS PERHUBUNGA, DINAS PU, DINAS BWS, DLL.

PEMBINA JELAJAH PERKARA REINHARD SIMANJUNTAK, SH, S.PAK.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif