Berita  

KETUA DPRD PROV. SUMUT MENERIMA AUDIENSI DPW PARTAI PDRIS PROV.SUMUT TENTANG OPENING PELANTIKAN DPW SUMUT DI HOTEL GREAND ANTARES MEDAN

Sumatera Utara, (Jelajah perkara.com)


Partai politik juga bisa didefinisikan sebagai perkumpulan yang memiliki asas yang sama, sehaluan di bidang politik, baik yang berdasarkan partai kader atau struktur kepartaian yang dimonopoli oleh sekelompok anggota partai yang terkemuka. Tujuan kelompok ini ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara konstitusional, untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka. Jadi bisa dikatakan, fungsi partai politik adalah sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas.

Partai politik di Indonesia sendiri adalah organisasi yang sifatnya nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga Indonesia secara sekarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan Negara. Selain itu, untuk memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Pengertian ini tercantum di dalam Pasal 1 Ayat 1 Undang-undang No. 2 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.

Untuk melakukan Pemilihan Umum, partai politik sendiri wajib memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh Undang-undang. Selanjutnya, Komisi Pemilihan Umum akan melakukan proses verifikasi. Proses verifikasi sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Melalui definisi yang telah dijelaskan tersebut, dapat dilihat bahwa tujuan dari dibentuknya partai politik adalah untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan Negara, serta memelihara keutuhan Negara Indonesia.

Di samping itu, fungsi partai politik sebagai pilar demokrasi juga perlu ditata dan disempurnakan dengan diarahkan pada dua hal utama, seperti yang dijelaskan di Penjelasan Umum Undang-undang  Nomor 2 Tahun 2011.

Indonesia sebagai Negara demokrasi selalu menyimpan berbagai masalah mulai dari perbedaan dan persaingan. Masalah seperti itu tidak dapat dipungkiri juga menyerang negara-negara di dunia yang menganut sistem demokrasi.

Oleh karena itu, partai politik dengan segala perannya, mulai dari menjadi perantara antara masyarakat dan pemerintah, sebagai sarana partisipasi politik, pengatur konflik, hingga kontrol atas kebijakan-kebijakan pemerintah, dapat melaksanakan tugas-tugasnya sebagaimana mestinya. Hal ini dilakukan untuk mencapai keseimbangan dalam menjalankan segala kegiatan politik dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam hal ini Pemerintah mengatur Keuangan Partai Politik tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 83 Tahun 2012 Tentang Bantuan Dana Partai Politik Pasal 9 angka 3 Menjelaskan Bahwa Dana Bersumber dari APBN atau APBD Paling sedikit 60 % kepada Partai Politik.

Dalam Kesempatan ini KETUA UMUM Adv. Kamaruddin, SH Membentuk DPP PARTAI DEMOKRASI RAKYAT INDONESIA SEJAHTERA deklarasi PD-RIS dilangsungkan di hadapan notaris dan langsung mendapatkan akta pendirian  PARTAI PDRIS No.3-7-07-2020,hari sesuai rencana awal di sepakati pada 7 july 2020, langsung di hadiri pengurus lengkap dan notaris. Langkah berikutnya, kata kamarudin adalah mengeluarkan mandat-mandat untuk membentuk 34 DPD PARTAI PDRIS di seluruh indonesia, Jakarta (07/07/2020) bertempat Hotel Ciputra ruang Victory Ballroom.

Sesuai SK Nomor 042/DPPP-PD RIS/S.KEPT/2.12//VIII/2020 KETUA UMUM DPP PDRIS memberikan Mandat kepada Bapak Dr. Julius Sianturi, untuk membentuk Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Sumatera Utara memilih Ketua DPW PARTAI PDRIS Bapak Dr. Hadirat Manao, SH, MH Sekretaris Wilayah Bapak St. Josmar Silaban, SH, MH, M. Kn yang terdiri dari 30 Ketua Bidang sesuai Hasil Rapat yang telah dilaksanakan dalam 4 ksli pertemuan di Sekretariat Jl. Sukaria no. 17 kel. Indr sari Kecamatan medan Tembung Kota Medan Provinsi Sumut.

Beberapa Rintangan yang dihadapi, namun tidak gentar. Hasilnya sangat memuaskan Hasil Rapat Penasehat, Ketua, Sekwil, Bendahara, Ketua Bidang jumlah keseluruhan 33 orang, maka ditetapkan Acara Pelantikan Pada Tanggal 12-10-2020 diadakan Pelantikan PARTAI PDRIS DPW SUMUT di Hotel Grend Antares Medan Jalan Sisingamangaraja no. 328 Medan.

Dengan Rasa Hormat Ketua DPW PDRIS dan Ketua Panitia Acara Pelantikan meminta Izin kepada Ketua DPRD PROVINSI BAPAK Drs. Baskami Ginting, dengan mengadakan Audensi Hari Selasa, 07-20-2020 Pukul 11.00 Wib s/d selesai bertempat di Ruangan DPRD PROVINSI Sumut. Audensi tersebut sangat disambut Hangat Ketua DPRD PROV.SUMUT Drs. BASKIMI GINTING, Walaupun Berbeda Partai, Tetap Satu dalam Kesatuan Ideologi Pancasila dan Stabilitas, NKRI ditengah-tengah Masyarakat menghadapi Pandemi Covid-19 dengan menjalankan Protokol Kesehatan, Izin Keramaian Kepolisian membatasi yang hadir dalam Acara Pelantikan PARTAI PDRIS SUMUT.

PEMBINA JELAJAH PERKARA REINHARD SIMANJUNTAK, S.PAK.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif