MAN 3 Palembang Berhasil Raih Juara Umum Pada Perlombaan Sumatera Robotic Competition 2021

  • Bagikan

PALEMBANG- Indonesia Youth Robot Association menggelar lomba Sumatera Robotic Competition 2021 bertempat di MAN 3 Palembang. Pengumuman pemenang diumumkan di Aula MAN 3 Palembang, Sabtu (27/11/2021).

Sebanyak 74 sekolah umum dan madrasah se Indonesia mengikuti lomba Sumatera Robotic Competition 2021.

Kategori Creativ senior juara pertama diraih SMA Al Furqon Palembang, juara pertama kategori Creativ junior diraih SMP Paramount, juara pertama kategori coding mission diraih MAN 2 Palembang, juara pertama kategori scrath animation senior diraih MAN 3 Palembang, dan juara pertama kategori scrath animation junior SD Paramount Palembang.

Untuk juara umum diraih MAN 3 Palembang karena berhasil menang di 5 kategori yakni juara pertama kategori scrath animation senior, juara ketiga kategori coding mission, juara harapan ketiga kategori coding mission, juara ketiga Creativ senior dan MAN 3 berhasil meraih honorable technology di kategori Creativ senior.

Plt Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel Deni Priansyah, S.Ag, M.Pd.I mengatakan, pihaknya bersyukur MAN 3 Palembang telah melakukan inovasi untuk bekerjasama dengan Indonesia Youth Robot Association dalam perlombaan robot.

“Kita lihat kegiatan ini luar biasa. Siswa kita diajak berpikir cerdas, tidak hanya menguasai ilmu agama tapi juga menguasai teknologi,” ujarnya.

“Kami mengapresiasi atas apa yang dilakukan MAN 3 Palembang, yang juga mengikutsertakan sekolah umum dan sekolah agama se Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, menunjukkan madrasah hebat dan madrasah bermartabat,” tambah Deni.

Lebih lanjut Deni menuturkan, pihaknya berharap prestasi yang diraih MAN 3 yang sudah menjadi juara umum dalam lomba robotic ini bisa ditingkatkan lagi, karena akan ada perlombaan tingkat internasionalnya di Bangkok.

“Semoga prestasi siswa MAN 3, semakin meningkat sehingga siswa disini unggul dalam ahlak dan teknologi,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi & Umum, Drs. Nelson Firdaus., M.M menambahkan, Pemprov Sumsel menyambut baik dari lomba Sumatera Robotic Competition 2021 yang dilaksanakan di MAN 3 Palembang ini. “Pesertanya tidak hanya dari Sumsel saja tapi juga dari seluruh Indonesia. Ini menunjukkan hal positif mau tidak mau teknologi. Pemprov Sumsel berhasil meraih peringkat Pertama dari Kemendagri ketegori inovasi goverment award yang diterima Bapak Gubernur. Artinya ini sudah sejalan dengan ysng dilaksanakan Pemprov Sumsel,” bebernya.

Lebih lanjut Nelson mengatakan, juara umum berhasil diraih MAN 3 Palembang. Ini artinya potensi siswa madrasah tidak kalah dengan sekolah umum. “Bahkan dari perlombaan robotic ini, ternyata siswa madrasah melebihi sekolah umum. Kami berpesan kepada MAN 3 Palembang agar meningkatkan prestasinya. Karena akan ada perlombaan robotic ditingkat internasional di Bangkok. Dan pemenang dalam lomba ini akan diikutsertakan pada perlombaan di Bangkok, ini luar biasa,” tandasnya.

Kepala MAN 3 Palembang, Hj. Komariah Hawa, M.Pd.I mengatakan, Alhamdulilah MAN 3 meraih juara umum lomba Sumatera Robotic Competition 2021. “Siswa sudah belajar robotic sejak 2 tahun lalu. Kita ada guru robotic, ditangan beliau robotic di MAN 3 bisa maju,karena sudah masuk mata pelajaran keterampilan. Artinya mata pelajaran wajib bagi siswa MAN 3,” bebernya.

“Harapan kami, madrasah tidak hanya dikebak pintar mengaji, pintar agama, penghapal Al Quran, tetapi juga maju dalam teknologi. Apalagi era 4.0 sudah mulai ditinggalkan karena sekarang sudah menuju era 5.2 atau sudah 4G. Sehingga mata pelajaran robotic dan koding ini diperlukan,” kata Komariah.

Lebih lanjut Komariah mengungkapkan, MAN 3 Palembang mengemban acuan keterampilan, riset dan akademik.

“Harapan kami, siswa MAN 3 setelah tamat, ilmu mereka lebih banyak, ahlaknya lebih baik. Kalau menjadi insinyur, dokter atau bekerja dalam bidang pekerjaan apapun baik agama dan teknologi dan lainnya mereka Islami, karena kita telah memberikan pengarahan yang terbaik,” kata Komariah.

Ketua Komite MAN 3 Palembang H Gandhi Arius SH MHum juga berharap kedepan MAN 3 Palembang semakin unggul di bidang imtaq dan teknologi. “Kita berharap siswa MAN 3 Palembang bisa unggul bersaing ditingkat nasional dan internasional,” pungkasnya.

(Ocha)

  • Bagikan