Menteri PPN: Outlook Ekonomi Indonesia 2021

  • Bagikan

JELAJAHPERKARA.COM || JAKARTA-Selasa 4 Mei 2021 Menteri PPN menyampaikan bahwa Bappenas memperkirakan bahwa outlook ekonomi Indonesia tahun 2021 adalah pada kisaran 4 – 5 persen, dengan titik tengah pada kisaran 4,5 persen, dengan berbagai _downside risk_ dan _upside risk_.

Hal ini disampaikan dalam Sesi II Musrenbangnas, yaitu pengarahan para Menteri dan diskusi secara virtual. Dalam kesempatan ini Menteri memberikan arahan kebijakan pembangunan nasional dalam RKP 2022.

Pada Triwulan I – 2021, ekonomi Indonesia masih akan sedikit terkontraksi pada kisaran -0,6 sampai -0,9 persen, dimana peningkatan belanja pemerintah dan ekspor akan menjadi bantalan yang dapat menahan ekonomi Indonesia tidak terkontraksi lebih dalam.

“Tanda awal pemulihan ekonomi sudah mulai terlihat, dan momentum ini perlu terus dijaga dengan cara tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat dan fokus pada upaya pengendalian Covid-19 yang konsisten,” ujar Menteri.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri juga menegaskan bahwa tahun 2022 merupakan momentum penting bagi Indonesia untuk mulai lepas dari tekanan pandemi Covid-19 dan merupakan tahun kunci bagi pemantapan pemulihan ekonomi nasional. Artinya, ekonomi Indonesia tahun 2022 harus didorong untuk tumbuh tinggi.

Menteri juga menekankan pada tahun 2022, investasi akan menjadi aktor utama dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5,4-6,0 persen di tahun 2022, dibutuhkan investasi sebesar Rp 5.891,4 – 5.931,8 triliun.

Untuk itu dibutuhkan investasi non-pemerintah, terutama BUMN dan Swasta, untuk menjadi pemicu investasi dan menggerakkan sektor-sektor yang sedang idle. Sekitar 83 persen dari kebutuhan investasi nasional diharapkan dikontribusikan oleh investasi swasta.

Di sisi lain, ICOR Indonesia tahun 2022 diharapkan akan lebih baik, yaitu sebesar 6,24, sehingga dengan demikian investasi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara lebih efisien.

(MK.s)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selasa, 4 Mei 2021
Source;Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas
Https://linktr.ee/suharsomonoarfa

Follow:
Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa
Twitter Menteri PPN: @Suharso_M
Fanpage Menteri PPN: Suharso Monoarfa

  • Bagikan