Berita  

PPK PU DELI SERDANG PROVINSI SUMUT TUTUP MATA PEKERJAAN RIGIT BETON CV. GOGO DI SIBOLANGIT

 


PPK PU adalah Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Proyek Pekerjaan di Lingkungan Pekerjaan Umum. Dalam hal ini PPK PU berfungsi untuk terlaksananya Suatu Pekerjaan yang telah dimenangkan melalui Proses Tender maupun Penunjukan Langsung dalam Lingkungan PU. Proses Pekerjaan Proyek diawali dari PU, kemudian diajukan di DPRD Provinsi/Kabupaten/kota, setelah itu dicek dilapangan layak atau tidaknya Pekerjaan itu dikerjakan. Kemudian dari Hasil Pengecekan dilapangan seperti Pembentukan Jalan Baru dengan cara Rigit Beton, maka tim Pekerjaan Umum membuat Rincian Anggaran Biaya Pekerjaan tersebut dan Harga Satuan Pekerjaan Sesuai dengan Peraturan Menteri PU tertuang dalam PMK nomor 11/PMK/M/2013 tentang Pedoman Analisa Harga satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Kemudian PU mengajukan kepada Gubernur/Bupati/walikota dan setelah Di sepakati atau disetujui, maka Berkas atau dokumen tersebut diajukan di DPRD Provinsi/Kabupaten/kota, maka Bidang Badan Anggaran (BANGGAR) mengadakan Rapat Tertutup yang dihadiri Gubernur/Bupati/walikota, disertakan BPKeuangan. Setelah disepakati Pekerjaan Rigit Beton secara bersama. Maka Fungsi PPK dan pemenang tender mengadakan Komitmen tertuang dalam Akta kesepakatan Bersama.

Demikian Juga yang terjadi di Lingkungan PU Kabupaten deli serdang Provinsi Sumut. TIM MEDIA menemukan Pekerjaan yang dilakukan CV. GOGO diduga telah “bermain” melaksanakan pekerjaan dengan PPK PU Deli serdang dalam Pekerjaan Rigit Beton di desa Durin Serugun Kecamatan Sibolangit yaitu :

1. Pekerjaan tersebut menggunakan Send Mix atau Molen kecil yang tidak terdapat unsur Kimia. Didalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 11/PMK/M/2013 tentang Pedoman Analisa Harga satuan pekerjaan bidang Pekerja Umum bahwa dalam Pekerjaan Rigit Beton tidak diperbolehkan menggunakan Molen atau send mix, dikarenakan tidak ada unsur Sika, alumunia dan Kadar K-250.

2. bahwa Pemborong telah menghilangkan Ukuran Lebar 80 Cm, sebenarnya Panjang 1 Km, Lebar 4,80 dan Ketebalan 0,20 dengan Harga Pagu Rp. 2.800.000.000 Milliar dimulai pada Agustus 2019 selesai 15 September 2019. setelah dicek dilapangan Pengawas PU bahwa pemborong menghilangkan Lebar 80 Cm Rigit beton. Maka diduga melakukan Spekulasi bahwa pekerjaan Rigit Beton di Adendum Tanggal 28 Februari 2020 dengan Alasan sering Hujan, sehingga tidak maksimal Pekerjaan.

    • Kemudian TIM Media kembali mengecek dilapangan membawa sampel Bongkahan Rigit Beton Pekerjaan bahwa Pembentukan Pekerjaan Jalan  Rigit Beton tidak terkandung kadar K-250 karena menggunakan Molen Kecil. dari Hasil Penyidikan Tim Media telah mendapatkan dokument-dokument Penyimpangan Rekapitasi Pekerjaan Rigit Beton CV. GOGO dan PPK PU Deli Serdang. PEMBINA JELAJAH PERKARA REINHARD SIMANJUNTAK, S.PAK
Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif