Berita  

Ratusan Crooser Papua dan Papua Barat tumpah di Sirkuit Marinir Trail Adventure Pasmar 3

SORONG – Kecintaan masyarakat Papua Barat dan Papua terhadap olaharga Motor Cross/Trail Adventure terbukti sangat besar, hal ini dilihat dari hadirnya ratusan Crosser Papua maupun Papua Barat dan membanjiri event bertajuk “Papua Barat Trail Adventure Community Gathering” dalam rangka memeriahkan HUT Ke-4 Pasmar 3 di Sirkuit Marinir Trail Adventure Pasmar 3 Jl. Sorong-Klamono Km.16, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Sabtu (21/05/2022).

Event besar yang digelar khusus bagi para “Pecinta Lumpur” ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di wilayah Papua dan Papua Barat, seperti Wamena, Mimika, Manokwari, Raja Ampat hingga wilayah Sorong Raya sendiri. Adapun klub-klub Crosser yang terlibat diantaranya Koarmada III Club, Trail Bhayangkara Club, Tenggiri Waisai Club, Team Uji Nyali Trail Community Papua Barat, Black Pearl Adventure, Risky MX Club, SWAT Sorong, PBTC Club, Komunitas Trail Manokwari, CRF Sorong City (CSC), Mamberamo Trail Community dan terdapat juga Crosser yang hadir secara perorangan.

Rute trail adventure sepanjang 9 Km ini menyajikan berbagai macam tantangan dan rintangan yang harus dihadapi oleh seluruh peserta, mulai dari jalanan berlumpur, hutan dengan tanjakan berundak-undak, tumpukan ban mobil, tumpukan balok kayu, rawa hutan bakau, sungai berlumpur, hingga turunan tajam yang membuat sebagian peserta trail jatuh bangun. Karena beratnya medan yang dilalui, sebagian besar tertahan di arena sirkuit dan baru bisa menyelesaikan tantangan yang terdiri dari 5 Check Point tersebut dalam waktu 8 jam, bahkan sebagian harus rela tidak melanjutkan tantangan karena mengalami kerusakan berat pada motornya.

Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya event Trail Adventure ini adalah dalam rangka memeriahkan HUT Ke-4 Pasmar 3 tahun 2022 serta ajang bergembira bagi sesama “Pencinta Lumpur.” “Alhamdulillah pesertanya hampir mencapai 200 orang, semoga kegiatan ini memberikan manfaat positif bagi masyarakat di Papua dan Papua Barat, selain itu masyarakat juga semakin mengenal satuan Pasmar 3 sebagai bagian dari masyarakat Papua,” jelasnya.

Di puncak acara, bersamaan dengan bergabungnya peserta Mud Racing Offroad dilaksanakan pembagian bermacam Doorprize serta Grandprize berupa 2 unit sepeda motor jenis Yamaha Mio M3 yang berikan kepada peserta Mud Racing Offroad maupun Trail Adventure. Untuk pemenang Grandprize dari peserta Mud Racing Offroad diserahkan langsung oleh Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H.,CHRMP.,M.Tr. Opsla., sedangkan Grandprize Trail Adventure diserahkan oleh Danpasmar 3.

(Tim/Red / Dispen pasmar 3)